Keuntungan Investasi Condotel

Keuntungan Investasi Condotel

Keuntungan Investasi Condotel – Pilihan pertama yang bisa Anda lakukan dalam investasi condotel adalah menyerahkan operasional unit tersebut yang Anda miliki pada pihak hotel sebagai mengelola condotel itu. Pihak hotel akan menyewakan unit yang Anda miliki pada pihak ketiga. Dari itu, Anda bisa memperoleh keuntungan sewa dari Condotel yang disewakan.

Ada dua skema yang dapat dijalankan dalam bisnis penyewaan condotel Anda, adalah skema bagi hasil atau jaminan. Bila Anda memilih skema jaminan, umumnya pihak pengelola condotel itu akan memberikan return on investment (ROI), biasanya besaran kurang lebih 8-12%. Persentase tersebut, tentu lebih menguntungkan dibandingkan jika Anda depositokan dana cair di bank. Jadi bila Anda mempunyai unit condotel di daerah Bandung yang bernilai Rp 8 milyar, dan memilih menjadikannya bisnis yang dikelola pihak pengelola dengan bunga 10 % per tahun, maka Anda dapat memperoleh Rp 800 juta di tiap tahunnya.

keuntungan Investasi Condotel

Dibagi 12 bulan, ditiap bulannya Anda bisa mendapat keuntungan sebanyak Rp 66,7 juta. Tentu saja angka tersebut belum dipotong pajak. Tapi, bukan berarti skema ini tak menimbulkan kerugian untuk Anda. Skema jaminan mempunyai jangka waktu tertentu, yang menjadikan nilai properti Anda itu semakin menurun setiap habis kontraknya. Bila contoh di atas adalah skema jaminan dalam tiga tahun, disaat masa itu habis dan Anda akan menjaminkannya kembali, nilainya akan berkurang dari nilai sebelumnya.


Kelebihan Berinvestasi Condotel

Selain itu, skema kedua yaitu bagi hasil. Dengan cara ini Anda tidak akan mendapatkan keuntungan yang pasti tiap bulan, sebab dana yang akan didapatkan disesuaikan dengan nilai sewa yang ada pada tiap bulannya. Saat penyewa sedang ramai, keuntungan Anda tentu akan besar. Juga sebaliknya, bila unit condotel Anda sepi pengunjung, keuntungan yang didapat dari bagi hasil dari pengelola pun akan menipis. Biasanya, perbandingan bagi hasil untuk penyewaan condotel tersebut antara pemilik dan pengelola berkisar 50:50 atau 60:40. Persentase ini terlihat cukup aman dan menggiurkan.

Tetapi ada yang harus diperhatikan, pada skema bagi hasil, hal yang dibagi tidak hanya keuntungan yang diperoleh. Termasuk biaya-biaya yang pemeliharaan unit condotel tersebut sebagian akan menjadi beban pada Anda juga.

Dari dua skema diatas, masing-masing memiliki untung ruginya. Tetapi, keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dari kepemilikan unit condotel ialah menginap gratis. Sebagai pemilik, Anda dapat menginap di unit Anda layaknya pengunjung yang lain, namun tanpa harus membayar lagi. Akan tetapi, tetap saja Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu dan bisa menempatinya saat unit condotel tersebut sedang kosong sewa. Untuk waktunya pun dibatasi, yaitu berkisar 12-30 hari dalam setahun.

Kedua rencana investasi condotel, itu dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan besar bagi Anda. Tapi, Anda pun harus saksama memperhatikan hal-hal yang bisa merugikan Anda.