Bisnis Condotel Menguntungkan

Bisnis Condotel Menguntungkan

Kondominium hotel atau lebih populer disingkat kondotel. Saat ini menjadi penarik minat yang tinggi bagi pada investor, terutama di bidang property. Produk dari kondo hotel ini banyak bermunculan seperti jamur di musim hujan, di kota-kota besar dan tempat yang jadi destinasi wisata. Meski begitu ada banyak orang yang bertanya apakah bisnis condotel menguntungkan, bagaimana jika dibandingkan dengan menyimpan uang di bank?

Sebuah lembaga riset property bernama Jones Lag Lasalle Indonesa mencatat bahwa di Jakarta dan daerah sekitarnya ada sekitar 4.000 unit kondo hotel yang telah berdiri dan beroperasi. Dan sepertinya jumlah itu akan terus bertambah sekitar 1.800 unit pada tahun 2015. Dan sampai tahun 2017, tentu jumlah kondo hotel akan bertambah berkali-kali lipat.

condotel sahid eminence ciloto puncak, Bisnis Condotel Menguntungkan

 

Apakah Bisnis Condotel itu Menguntungkan?

Bisnis Condotel menguntungkan ini juga bisa ditemukan di Bali. Tampa yang dikenal sebagai destinasi wisata populer turis mancanegara. Dari riset yag dilakukan frank indonesia, pada tahun 2012, sudah ada sekitar 2.713 unit kondo hotel yang dikembangkan dari 21 proyek. Dan pada tahun 2013 diperkirakan akan bertambah lagi 1.700 unit. Tentu ini adalah sebuah angka yang mencengangkan.

Di kota lain seperti Surabaya, Yogyakarta, dan malang jawa timur, konsep kondotel ini mulai berkembang. Konsep dari kondo hotel ini sendiri adalah bagi hasil antara pembeli atau investor dengan pihak pengelola operasional kondo hotel. Pengembang akan bekerja sama dengan operator hotel sebelum unit kondo hotel dipasarkan kepada publik. Tingkat imbal hasil yang ditawarkan juga beragam, mulai dari 8 – 20% dari harga jual dalam waktu 3 – 4 tahun pertama.

Jika menurut banyak investor bisnis condotel menguntungkan. Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) menilai bahwa kondo hotel adalah investasi yang  cukup likuid di Indonesia. Tapi calon investor harus tetap memperhatikan kondisi pasar dari lokasi kondo hotel itu berada. Siklus bisnis perhotelan itu naik turun, tidak flat, investor harus tetap jeli meskipun pengembang menjanjikan bagi hasil dengan jumlah tetap.

Pengelolaan kondo hotel yang ternama biasanya berani untuk memberikan jaminan bagi hasil yang tinggi, meskipun tingkat okupasi pada tahun pertama tidak bagus. Dan diharapkan tingkat okupasi itu pada tahun berikutnya akan terus membaik ketika kondo hotel sudah semakin dikenal publik. Dengan begitu investor bisa memperoleh hasil dan dapa balik modal.

Bisnis Condotel Menguntungkan Dibanding Menyimpan Uang Di Bank

Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch itu masih yakin bahwa potensi dari Condotel masih akan cukup bagus di tahun mendatang. Karena adanya kebutuhan akomodasi yang memadai seiring pertumbuhan sektor perkantoran yang ada di Indonesia.

Sedangkan Direktur QmFinancial, Beny Raharjo mengatakan bahwa investasi condotel masih lebih menguntungkan. Dibanding hanya menyimpan uang di bank, meskipun investasi ini mengandung sejumlah resiko. Meskipun kondotel adalah investasi kepemilikan property, tapi ada system pengelolaan yang dilakukan oleh operator. Dengan pembagian keuntungan antara pengembang atau operator.

sahid clevelan condotel bandung, Bisnis Condotel Menguntungkan

Namun jika garansi dari bagi hasil berakhir, maka operator atau pengembang tidak lagi menjamin keuntungan yang diperoleh investor akan sama dengan beberapa tahun pertama kondotel beroperasi. Karena kondisi pasar akan berubah seiring berjalannya waktu.

Menarik bukan bisnis kondominium hotel ini, Bisnis Condotel menguntungkan jika dibandingkan dengan menabung atau menyimpan uang di bank. Karena itu banyak orang mulai mengalihkan uangnya dan berinvestasi di bidang ini. Tapi adanya resiko yang terkandung dalam bisnis ini harus tetap anda waspadai. Jangan sampai anda nanti inginnya untung, tapi malah menderita kerugian.