Belajar Untuk Jual Condotel

Belajar Untuk Jual Condotel

Dalam hal Jual Condotel, latar belakang pengembang sangatlah penting dalam bisnis property. Background setiap pengembang sangat beragam, ada yang memiliki background kontraktor, pertambangan, bank hingga industry kimia. Seringkali pengembang yang tidak memiliki background murni di bidang property. Maka itu akan mempunyai persepsi bahwa bisnis property itu harus dibangun dulu baru kemudian dipasarkan.

Pengembang seperti ini biasanya lupa bahwa pasar dari bisnis property memiliki siklus naik dan turun. Hal seperti ini biasanya juga terjadi pada sub sektor property kondotel. Pengembang yang tidak memiliki pengalaman di bidang property, biasanya membangun kondotel seperti membangun rumah. dibangun dulu kemudian dijual.

Padahal membangun kondotel benar-benar berbeda dengan membangun rumah. Harus ada value yang ditawarkan kepada calon investor. Seringkali pengembang yang tidak berpengalaman menggunakan jasa in-house marketing yang tidak memiliki keahlian dalam bidang seputar jual condotel atau properti.

Karena pemasarannya tidak baik, sehingga proyek kondotel beresiko untuk tidak berjala baik dan bahkan mangkrak karena terbebani kredit konstruksi. Karena inilah sangat diperlukan perencanaan dalam pembangunan sebuah kondotel. Project marketing jadi sangat penting, karena yang dijual adalah sebuah konsep dan gambar desain kondotel. Project marketing bahkan bisa dikatakan kunci dari berhasil tidaknya pemasaran sebuah kondotel.

belajar jual condotel

Berikut adalah cara agar anda dapat jual condotel :

Menentukan Target Market, Pricing dan Demand

Memetakan target adalah tugas dari marketing. Anda harus mampu menilai siapa calon investor yang akan ditarget. Menghitung besaran potensi mereka, dan bagaimana daya belinya. Selain itu anda juga harus mempertimbangkan lokasi dimana kondotel akan dibangun, bagaimana supply dan demand-nya.

Analisa terhadap keunggulan produk yang akan dijual juga harus dilakukan. Selain tahu apa yang nanti akan dijual kepada target market, anda juga akan tahu siapa yang menjadi pesaing dari produk anda. Apa keunggulan dan kelemahan dari produk anda jika dibandingkan dengan produk dari competitor, ini harus diperhitungkan.

Setelah melakukan pemetaan pada pasar, anda harus membuat strategi harga jual condotel. Hal itu harus diperhitungkan dengan matang sesuai dengan kemampuan dari target market yang sudah ditetapkan. Harga yang dipertimbangkan dalam pemasaran ini harus benar-benar tepat, realistis bagi target market.

Saat proses pembangunan proyek kondotel diluncurkan, biasanya strategi penetapan harga dilakukan untuk menarik minat dari calon investor. Dan setelah selesai dibangun, harga bisa dinaikkan dengan perhitungan yang menyesuaikan pasar. Nantinya perbedaan antara harga saat pembangunan dan setelah jadi inilah yang akan memberikan keuntungan kepada pengembang.

Untuk jual condotel tidak dilakukan pembangunan one by one, tapi menjual seluruh bangunan yang ada. Dalam membuat project marketing strategi harus diingat bahwa property adalah investasi. Jadi setia unit yang dijual harus mempertimbangkan faktor pengembalian modal dan juga resiko investasi.

Riset Bukan Segalanya

Jangan mengabaikan peran dari strategi pemasaran dan hanya mementingkan riset untuk membangun kondotel. Ada banyak pengembang yang sama-sama berlomba untuk membangun kondotel di daerah yang sama. Padahal dalam bisnis property ini sangat kompleks dan banyak dipengaruhi faktor lain dan kadang tidak bisa diprediksi. Dan bahkan ada pengembang yang menganggap konsultan jasa pemasaran property. Hanya akan membuang uang dan malah mempercayakannya kepada sales untuk memasarkan kondotel.

Demikian artikel seputar Belajar Untuk Jual Condotel ini bisa kami bagikan kepada anda. Yang harus diingat adalah, dalam bisnis properti marketing yang dilakukan berbeda dengan sales. Marketing harus memikirkan strategi dalam pemasaran denga menyeluruh dan detail sehingga bisa menghasilkan kemenangan dalam kompetisi melawan competitor.